si pride jelajah pantura tegal menuju perkebunan teh kaligua – 11 s.d. 13 februari 2011


This slideshow requires JavaScript.

jumat siang, 11 februari 2011, setelah si pride melakukan servis berkala 10000 km di bengkel resmi kmi garuda, dilanjutkan dengan melakukan perjalanan ke arah jalur pantura jawa barat menuju kota tegal dan dilanjutkan ke perkebunan teh kaligua di daerah paguyangan bumiayu kabupaten brebes jawa tengah.
suatu kebetulan juga perjalanan ke kaligua tersebut dilakukan persis setelah servis berkala, sama seperti perjalanan menuju tegal tanggal 13 november 2010 yang dilakukan setelah servis berkala 5000 km.

berangkat dari beres kmi garuda +- pukul 14:30, sampai di kota tegal +- pukul 22:30 karena cukup lama berhenti di 3 titik yaitu di rest area km 57 tol cikampek, di rumah makan pesona laut di eretan indramayu dan di gerbang mertapada tol pejagan.

di hari sabtu siang, setelah berhenti di beberapa titik kuliner di kota tegal, perjalanan dilanjutkan ke perkebunan teh kaligua di paguyangan bumiayu kabupaten brebes, menginap semalam di penginapan milik perkebunan teh tersebut untuk bisa ikut merasakan dinginnya udara di lereng barat gunung slamet.

di hari minggu pagi, saat perjalanan pulang, mampir kembali di kota tegal, kemudian bertolak dari tegal pukul 15:35 dan sampai di tangerang +- pukul 22:00 malam.

untuk kondisi jalan, jalur arteri di pantura jawa barat masih agak mendingan bila dibandingkan dengan kondisi jalur arteri di kabupaten brebes yang rusak parah, mulai dari pintu keluar tol di pejagan sampai perbatasan brebes – tegal, demikian juga di jalur balapulang menuju bumiayu banyak bagian jalan yang hancur. jalur menanjak dari paguyangan menuju kaligua, separuh diantaranya agak kurang bagus kondisinya.
untuk kondisi jalan tol, cukup lumayan bagus kecuali di jalur tol kanci – pejagan banyak penyempitan karena kerusakan permukaan jalan tol yang terhitung baru tersebut.

jalur tanjakan – turunan dari paguyangan menuju perkebunan teh kaligua cukup menantang karena jalur tersebut berjarak 15 km untuk mencapai ketinggian 1200 mdpl, dibandingkan dengan jalur sepanjang 30 km dari lebaksiu menuju kawasan wisata guci yang berketinggian 1050 mdpl, terbukti si pride masih cukup mumpuni mengarungi jalur tersebut.

perhitungan biaya bbm

pertamax 1  : 403.5 km : 29.26 l x rp 8100,- = rp 237006,- ( konsumsi rata-rata 1 13.79 km / liter )
pertamax 2  : 196.0 km : 18.31 l x rp 8100,- = rp 148311,- ( konsumsi rata-rata 2 10.71 km / liter )
shell super : 344.4 km : 24.64 l x rp 7950,- = rp 195888,- ( konsumsi rata-rata 3 13.98 km / liter )
total       : 944.0 km : 72.21 l             = rp 581205,- ( konsumsi rata-rata total 13.07 km / liter )

konsumsi bbm rata-rata pergi – pulang adalah 13.07 km / liter, dengan perjalanan menuju kaligua pp dari tegal yang butuh bbm lebih banyak karena banyak ‘stop and go’ dan antri karena jalan rusak di jalur arteri dan jalur menanjak menuju perkebunan teh kaligua. sedangkan untuk jalur jakarta – tegal pp secara umum konsumsi bbm di sekitar angka 13.xx km / liter.

perhitungan biaya tol

biaya tol berangkat :
gt karang tengah                  : rp   4000,-
gt kembangan selatan              : rp   7000,-
gt kapuk                          : rp  11500,-
gt ancol timur                    : rp   6500,-
gt cikampek                       : rp  12500,-
gt plumbon 3                      : rp   4500,-
gt kanci                          : rp   4000,-
gt mertapada tol pejagan          : rp  21500,-
sub total tol berangkat           : rp  71500,-

biaya tol kembali :
gt mertapada tol pejagan          : rp  21500,-
gt kanci                          : rp   4000,-
gt plumbon 4                      : rp   4500,-
gt cikampek                       : rp  12500,-
gt dalam kota                     : rp   6500,-
gt karang tengah                  : rp   4000
sub total tol kembali             : rp  53000,-
                                        ————-
total biaya tol pp                : rp 124500,-

demikian sharing info perjalanan pantura tegal menuju perkebunan teh kaligua bumiayu kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

trims…

This entry was posted in KIA, KIA Pride Rio, Otomotif and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to si pride jelajah pantura tegal menuju perkebunan teh kaligua – 11 s.d. 13 februari 2011

  1. Pingback: review singkat kia pride 2010 hb mt

  2. Rv says:

    om mana review2ny lagi.
    soalny saya tertarik sama mobil ini.
    apakah aksesorisny sudah banyak di pasaran om???
    seperti spoiler belakang!!!!!

    • amzas says:

      review-review lanjutan silakan ditunggu saja ya pak, nanti menyusul…
      mengenai asesoris, tentunya tidak sebanyak / banyak yg jual seperti tipe dan merk lain terutama yang dari jepang.
      mengenai spoiler belakang, tidak banyak sepertinya, belum tentu juga terus ada stoknya. beberapa waktu lalu sewaktu mampir di bengkel resmi kmi, pernah mencobakan spoiler belakang stok untuk carens 2 cocok juga dipasang di pride, coakan untuk posisi pengikatnya cocok.
      dan pernah dapat info kalau spoiler belakang untuk jazz model 2004 cocok juga…

      demikian, trims…

      r1

  3. HENDRA YUDO says:

    Btw saya priders dari Bandung nih, (pake pride tropical red ’11), kayaknya priders dr Bdg msh sepi2 aja nih…, coba dong priders Jakarta bikin event di Bandung dan coba undang jg priders Bdg.

    • amzas says:

      salam kenal pak hendra…
      bpk dari bandung, plus pride tropical red pula, berarti sudah 2 kenalan dari bandung pake tipe dan warna sama, selain bapak, ada pak wandi juga dari bandung.
      pridenya 2011 bulan apa pak ? sudah test drive jauh kemana ?
      barangkali belum mengetahui, sesekali kita-kita pengguna pride berinteraksi di mailing list kia_pride@yahoogroups.com, atau ada group di fb yang namanya ‘kia pride owner community’, barangkali bapak mau halo-halo juga disana, siapa tau ide bikin event di bandung bersambut…

      trims…

      r1

Leave a comment