personal review kia all new sorento 2013 – 26 maret 2013


This slideshow requires JavaScript.

di medio akhir maret 2013, disela-sela mengikuti kegiatan media test drive kia all new sorento, penulis berkesempatan mengamati sejumlah unit kia all new sorento yang sedang diuji oleh sejumlah media baik cetak maupun elektronik, yang akan diluncurkan secara resmi oleh pt. kia mobil indonesia di bulan april 2013.

bagian exterior menggunakan pola 1 warna di sekeliling badan mobil dengan kombinasi warna hitam di bagian bawah seperti pada fender roda, bagian bawah pintu dan bagian bawah kedua bumper. warna body yang sempat terlihat pada waktu itu adalah warna clear white, glittering metal dan bright silver.

grille menggunakan model yang menjadi ciri khas kendaraan kia saat ini yaitu ‘tiger nose’ grille.

titik penerangan luar dilengkapi dengan projection headlamp, foglamp, plus lampu sein led yang terpasang pada spion samping.
di bagian atas dilengkapi led positioning lamp sebagai pengganti lampu senja, dan untuk menambah keamanan, di atas foglamp terpasang cornering lamp, yang akan menyala apabila lampu sein menyala dan headlamp aktif.
di bagian belakang mobil terpasang stoplamp utama di sisi kiri kanan pintu belakang bersama high mounted stoplamp di bagian atas pintu. sepasang reflektor berposisi vertikal disematkan di ujung kanan kiri bumper belakang.

pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy standar dan ban oem berukuran 235/60/r18. ban oem yang terpasang pada unit yang direview adalah ban nexen roadian 581.
ban serep terpasang di bagian bawah badan mobil, terikat di bagian belakang.

keempat pintu dilengkapi power window dan spion samping dilengkapi perangkat electric and retractable mirror.

di bagian interior, warna kabin menggunakan duo tone colors, kombinasi warna abu-abu gelap di sekeliling mulai dari dashboard, kursi penumpang berbahan kulit, dan dinding bagian bawah. warna terang mendominasi sebagian atap dan pada seluruh pilarnya.
unit tersebut dilengkapi dengan panoramic sunroof, berupa sebidang kaca berukuran cukup besar di bagian atap.
apabila mode sunroof diaktifkan, bidang kaca di atas baris penumpang terdepan akan terbuka penuh sehingga udara luar bisa masuk ke dalam mobil. sedangkan bila mode panoramic diaktifkan, pelapis atap akan bergeser ke belakang dengan atap kaca masih tetap tertutup rapat sehingga penumpang masih bisa menikmati pemandangan luar.

headunit merupakan tipe double din berlayar touch screen, yang mampu menyajikan keluaran audio dari radio fm/am dan cd berisi mp3/wma/cda serta bisa menerima koneksi ipod, usb dan bluetooth, dan dilengkapi dengan 4 speaker di keempat pintu dan 2 tweeter dipasang di sudut kaca pintu depan.
untuk mempermudah navigasi, headunit tersebut dilengkapi dengan perangkat gps, dan koneksi internet berbasis windows ce pun siap sedia apabila usb modem terpasang pada port usb-nya.
juga dengan adanya tambahan layar lcd pada headrest kursi depan tentunya akan menambah hiburan bagi penumpang belakang.
begitupun dengan adanya fitur reverse camera yang tampil di layar headunit sewaktu kendaraan ada di posisi transmisi mundur.

pengaturan suhu dengan ac automatic dual zone memberikan keleluasaan dalam mengatur suhu di dalam kendaraan.
pada lingkar kemudi tersemat kontrol audio, cruise control dan sejumlah fungsi lainnya.

kia all new sorento mengusung mesin bensin theta ii 2.4l dohc dual cvvt, dli (distributor-less ignition) & vis (variable induction system) menghasilkan daya sebesar 176 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 23.1 kg.m pada 3.750 rpm. penggunaan mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manumatic 6 percepatan penggerak roda depan.

kabin menggunakan sasis monokok dengan ground clearance cukup rendah, menggunakan suspensi independen di keempat roda dan tambahan side impact beam pada keempat pintu.

untuk pengereman, menggunakan rem cakram pada keempat roda, dan untuk menambah keamanan, all new sorento dilengkapi perangkat abs dan ebd, airbag di bagian pengemudi dan penumpang depan, dan juga ditambah keyless entry with alarm and immobilizer.

untuk membantu pengendalian, all new sorento dilengkapi dengan motor driven power steering.

demikian informasi hasil pengamatan pada kia all new sorento tersebut, tambahan foto-foto dan informasi pada link di bawah ini diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai kendaraan tersebut.

trims…

note :

tambahan info, pada kia all new sorento, posisi nomor rangka ada di lantai bawah kursi pengemudi, dan posisi nomor mesin ada di blok mesin bagian bawah, untuk melihatnya harus membuka cover bawah mesin.

info mengenai media test drive kia all new sorento sebagai berikut :
https://amzas.wordpress.com/2013/04/01/media-test-drive-kia-all-new-sorento-26-s-d-27-maret-2013/

info mengenai kia all new sorento pada media internet lainnya sebagai berikut :
http://www.kia.com/id/MODELS/SUVMPV/Sorento_RHD/Gallery/Exterior/index.htm
http://www.kia.com/id/NewsPromotions/NewsRelease/066618.html
https://amzas.files.wordpress.com/2013/04/kia-all-new-sorento-e-catalogue-per-130401.pdf
http://otomotif.bosmobil.com/KIA_Sorento_Lebih_Wah_Dari_Fortuner_dan_Pajero_Sport-b-5681.html
http://mobil.sportku.com/berita/news/atpm/21241-kia-sorento-andalan-baru-kia
http://autos.okezone.com/read/2013/02/04/52/756130/harga-all-new-kia-sorento-di-bawah-rp400-juta
http://www.itoday.co.id/otomotif/all-new-kia-sorento-segera-hadir-april-2013
http://www.merdeka.com/otomotif/all-new-kia-sorento-siap-tantang-fortuner-captiva-dan-pajero-sport.html
http://www.otosia.com/berita/kemewahan-interior-persembahan-all-new-kia-sorento.html
http://oto.detik.com/read/2013/03/27/180259/2205550/1207/kia-sorento-4×4-diproduksi-berdasarkan-pesanan
http://oto.detik.com/read/2013/02/05/183858/2162005/1207/kenapa-kia-sorento-hanya-ada-versi-bensin
http://mobil.otomotifnet.com/read/2013/03/27/339520/170/1/KIA-Sorento-Versi-4×4-Bakal-Dijual-Sesuai-Pesanan

This entry was posted in KIA, KIA Sorento, Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to personal review kia all new sorento 2013 – 26 maret 2013

  1. Andi says:

    Om. Kalau kualitas material interior nya gimana ya?

    • amzas says:

      selamat pagi pak,

      mengenai kualitas material interior all new sorento tsb, dari apa yang saya lihat pada unit yang direview waktu itu, imho terhitung lumayan oke ya, relatif imbang dengan harga jualnya.
      gap antar panel cukup konsisten, beberapa bagian interior yang menggunakan material plastik terbilang masih cukup oke kualitasnya, kecuali beberapa bagian seperti tuas handle pintu sisi dalam dan plastik penutup rangka jok pengemudi yang saya sedikit kurang sreg ( kurang suka dengan warna tuas tsb, dan pada plastik penutup jok pengemudi sepertinya gampang baret, mungkin ini subyektif sifatnya ya… )

      demikian sekedar pendapat pribadi saja ya pak, trims sudah mampir…

      r1

Leave a comment